Translator

The Lightning Thief

Posted: Sabtu, Maret 20, 2010 by Noveka in Label: ,
3


The lightning thief, adalah buku pertama dari seri Percy Jackson & the Olympians. Buku yang dikarang oleh Rick Riordan ini, berhasil menarik minat para pembaca dengan cerita tentang demigod (manusia setengah dewa), makhluk-makhluk mitologi yunani kuno, dan dewa-dewi olympia.

Buku ini menceritakan tentang Percy Jackson, seorang bocah 12 tahun yang menderita disleksia. Ia selalu dikeluarkan dari sekolah karena berbagai macam kejadian aneh yang menimpanya. Ia sendiri tidak mengerti apa yang terjadi hingga ia tiba di Akademi Yancy, sekolah swasta untuk anak bermasalah di New York Utara.

Disana ia bertemu dengan Grover sahabatnya, Pak Brunner seorang guru bahasa latin di sekolah itu.

Cerita dimulai dengan karyawisata murid-murid ke 6 di Akademi Yancy ke Museum Seni Metropolitan di Manhattan untuk melihat barang-barang Yunani dan Romawi Kuno. Percy merasa senang karena yang membimbing karyawisata ini adalah Pak Brunner. Tak heran ia merasa senang, karena Pak Brunner adalah guru kesayangannya, walaupun ia merasa heran mengapa Pak Brunner selalu ingin Percy menjadi yang terbaik dalam pelajarannya (terutama tentang mitologi yunani kuno) padahal nilainya selalu buruk.



Tetapi kesenangannya tak berlangsung lama, karena pada saat jam istirahat, ia melakukan kesalahan dan dipanggil oleh Bu Dodds seorang guru matematika yang ternyata adalah Erinyes, monster dari dunia bawah. Ia diserang dan nyaris mati. Untung Pak Brunner datang dan melemparkan sebuah pulpen kepada Percy yang ternyata bisa berubah menjadi pedang. Percy menebas Erinyes itu dan dalam sekejap berubah menjadi debu.

Banyak kejadian, termasuk ibunya yang meninggal, Grover yang sebenarnya seorang satir sampai ia akhirnya masuk ke Perkemahan DemiGod. Disana, ia bertemu dengan Annabeth seorang putri dari Dewi Athena, Luke putra dari Dewa Hermes, dan Clarisse putri Dewa Ares. Ia juga akhirnya mengetahui bahwa ia adalah anak dari Dewa Poseidon.

Disana ia juga menemukan bahwa ternyata, Pak Brunner adalah Chiron, Centaurus yang menyamar untuk memantau Percy Jackson. Ternyata, Percy Jackson sebagai anak Poseidon dituduh mencuri petir Zeus. Zeus menduga bahwa Poseidon mencurinya dan menyerahkannya kepada Percy. Percy harus mencari dan mengembalikan petir Zeus kembali sebelum titik balik matahari musim dingin.

Berhasil kah ia menemukan Petir itu dengan ditemani oleh pedangnya Riptide (Anaklusmos) yang berbentuk seperti pulpen dan dapat berubah jika tutupnya dibuka, Annabeth, dan sahabatnya Grover? Siapakah pencuri petir Zeus yang sebenarnya?

Buku ini dikemas dengan sangat menarik oleh Rick Riordan. Ia dapat membawa para pembaca untuk ikut berpetualang dalam dunia Percy Jackson. Ending dari buku ini pun sangat menarik dan membuat kita penasaran untuk membaca buku seri selanjutnya.

Buku ini mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya:
1. Berhasil meraih Mark Twain Award 2008
2. Buku terbaik Majalah Child (2005)
3. Pemenang penghargaan Maine Student Book 2007
4. Pemenang Penghargaan Beehive 2007 dari Asosiasi Literatur Anak-Anak Utah

dan masih banyak lagi

Di Indonesia sendiri, buku nya diterbitkan oleh Mizan Fantasi (yang saya beli penerbitnya ini) dengan harga yang cocok untuk para pecinta novel.

3 komentar:

  1. AaEzha says:

    gak ada link download'a yaa?

    (ebook, red)

  1. Anonim says:

    waaaahh, piercy jackson bisa ngliat tulisan romawi jdi tulisan latin kan....?? :P (d film)
    klo sya bsa ngliat tulisan jelek (yg g kbaca) jdi bagus (kbaca).... XD
    wakakakaka

  1. Anonim says:

    hyahha...
    piercy jackson si anak dewa posaidon bsa ngliat tulisan romawi jd tulisan latin...
    klo saya bsa nglita tulisan jelek (yg g kbaca) jd bagus (kbaca)... XD
    wakakakk