Translator

Internet

Posted: Senin, Maret 22, 2010 by Noveka in Label: ,
0

A. Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
B. Perkembangan Internet dari Zaman ke Zaman
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.
perkembangan internet
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.
Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

C. Istilah dalam Dunia Internet


Bandwith : Jumlah data yang ditransfer melalui suatu network atau jaringan dalam suatu jangka waktu tertentu dan biasanya ditentukan dalam satuan Mbps (Megabit per second / 10242 bit per detik).
Chatting : Suatu program yang memungkinkan para pengguna bisa berbincang-bincang dengan pengguna lain melalui internet. Tetapi, media komunikasi yang digunakan bukan suara, melainkan tulisan yang diketik dengan keyboard komputer dan hasil perbincangan itu akan tampil di layar monitor.
Cookies : Suatu cara yang dipakai dalam koneksi oleh komputer server untuk menyimpan dan mengambil informasi yang terdapat pada komputer klien.
DNS : Singkatan dari Domain Name System. Sistem yang digunakan untuk penamaan alamat URL.
E-mail : Singkatan dari Electronic Mail. Sebuah program yang memungkinkan pengguna dapat berkirim-kiriman surat elektronik melalui internet.
Flame : Suatu pesan yang isinya bersifat menghina yang dikirim lewat internet melalui email atau forum.
FTP : Singkatan dari File Transfer Protocol. FTP adalah suatu protokol atau aturan yang dipakai secara luas di internet untuk mentransfer file dari komputer yang satu ke komputer yang lain.
Homepage : Halaman awal pada sebuah situs web.
HTML : Singkatan dari Hyper Text Markup Languange. HTML adalah suatu bahasa pemrogaman yang digunakan untuk membuat situs web.
HTTP : Singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. HTTP adalah salah satu protokol atau aturan yang digunakan untuk bertukar informasi di internet.
Intranet : Internet dalam skala wilayah yang lebih kecil.
ISP : Singkatan dari Internet Service Provider. ISP adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi ke internet. Apabila pengguna ingin memiliki akses internet di rumah atau di kantor, biasanya pengguna harus berlangganan pada ISP tertentu.
Kbps : Singkatan dari Kilo bit per second (1024 bit per detik). Kbps adalah satuan kecepatan transfer data per unit dalam waktu tertentu.
Link : Teks yang dapat diklik untuk mengakses dokumen atau halaman web yang lain.
Log In : Masuk ke sebuah halaman web yang memiliki otoritas rahasia atau sangat pribadi. Pada umumnya, pengguna harus memasukkan username dan password untuk bisa masuk.
Log Out : Keluar dari sebuah halaman web yang memiliki otoritas rahasia atau sangat pribadi. Alasan dilakukan log out adalah agar pengguna lain tidak bisa masuk ke halaman tersebut jika pengguna offline atau keluar dari situs web itu.
Mirror : Mirror pada umumnya menjelaskan suatu situs web yang isinya mengcopy atau menduplikasi isi situs web yang lain. Tujuan dari mirror ini adalah untuk mengurangi kemacetan yang terjadi pada suatu jaringan.
Modem : Singkatan dari Modulator Demodulator. Modem adalah suatu hardware yang memungkinkan komputer dapat bertukar informasi dengan menggunakan saluran telepon. Modem ini merupakan salah satu perangkat yang harus dimiliki agar dapat mengakses internet.
Netiquette : Singkatan dari Net Etiquette atau yang berarti etiket berinternet. Netiquette ini merupakan suatu kumpulan peraturan dan sopan santun yang diterapkan sehingga terbentuk keteraturan dalam bersosialisasi melalui internet.
Newbie : Pendatang baru(new comers) di dunia internet.
Offline : Memutuskan koneksi dari internet atau jaringan komputer lainnya.
Online : Terkoneksi dengan internet atau jaringan komputer lainnya.
Search Engine : Mesin pencari yang berfungsi membantu para pengguna internet untuk mencari dokumen tertentu di internet. Salah satu search engine yang paling laris pada saat sekarang ini adalah Google dan Yahoo.
Sign In : Sinonim dari Log In.
Sign Out : Sinonim dari Log Out.
SPAM : Suatu istilah dalam dunia internet yang menjelaskan segala macam pesan atau berita yang menjengkelkan, seperti email yang tak penting, email berantai, iklan yang tidak diminta, dan lain-lain yang sifatnya menjengkelkan.
Thread : Diskusi atau topik yang sedang berlangsung pada suatu forum diskusi di internet.
Upload : Mengirim data atau dokumen dari komputer klien(komputer pengguna) ke komputer server. Upload lawannya download.
URL : Singkatan dari Uniform Resource Locator. URL ini adalah suatu sistem penamaan alamat situs web.
Web Page : Sebuah halaman web tunggal yang merupakan bagian dari sebuah situs web secara keseluruhan.
Web Site : Kumpulan web page(halaman web) yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya.
WWW : Singkatan dari World Wide Web. World Wide Web adalah suatu fasilitas bagaimana pengguna dapat saling bertukar informasi di internet. Perlu ditekankan bahwa World Wide Web berbeda dengan internet. World Wide Web adalah dunianya, sedangkan internet adalah nama jaringannya.
D. Penggunaan Internet dalam Dunia Pendidikan

1. meningkatkan pengetahuan
2. berbagi sumber dengan seprofesi
3. kerjasama dengan guru diluar negeri
4. partisipasi dalam forum pendidikan
5. sumber bahan ajar

Sedangkan peranan bagi siswa sebagai berikut :
1. sumber pengetahuan
2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
3. media praktek dari teori yang telah dipelajari.

Sumber : Wikipedia, sejarah-internet.com, rezatawakal.blogspot.com, ardiansyah-review.blogspot.com

0 komentar: